Rabu, 10 Desember 2014

Tim RM Galang Dukungan Partai Politik

Bengkulu - Tim Bakal Calon (Balon) Gubernur Bengkulu, H Ridwan Mukti (RM), melakukan safari politik ke 3 pengurus Partai Politik (Parpol), yaitu Dewan Perwakilan Provinsi (DPP) Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), dan Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (Nasdem), guna “meminang” ketiga Parpol ini agar dapat mengusung RM dalam bursa Pemilihan Gubernur (Pilgub) Bengkulu pada tahun 2015 mendatang.

Dalam pertemuan itu, tim RM menyerahkan sejumlah berkas yang digunakan sebagai bahan pertimbangan, sehingga diharapkan dapat menjadi "perahu" RM ke langkah selanjutnya.
“Kedatangan kami di sini agar seluruh Partai Politik secara bersama-sama dapat turut mendukung Ridwan Mukti untuk maju dalam Pilgub.” ujar Tim Keluarga RM, Drs H Anwar Rasyid, Selasa (09/12/2014).

Sementara itu, Wakil Ketua DPP PKPI Provinsi Bengkulu, Gustiyanto mengatakan kunjungan ini merupakan awal dari komunikasi politik namun secara resmi tim RM belum melakukan pendaftaran,“PKPI punya mekanisme dalam menjaring dan menentukan Balon Gubernur yang akan diusung. Nantinya akan buka pendaftaran secara resmi, kita lihat visi misinya, bagaimana kepeduliannya dengan partai, komitmennya untuk membangun Bengkulu dan mensejahterakan masyarakat. Baru setelah itu kita seleksi dan kita tentukan siapa yang PKPI usung,” ujar Gustiyanto.

Diungkapkan Gustiyanto, sebelumnya sudah ada Balon lain yang melakukan silaturahmi ke PKPI, salah satunya Bupati Kepahiang, Bando Amin. Tahapan penyeleksian di PKPI bukan hanya pada tingkat Provinsi, namun akan diserahkan ke Dewan Pengurus Nasional (DPN).“Kita ingin kepemimpinan selanjutnya lebih baik dari saat ini. Apapun yang diusung PKPI targetnya harus menang, sehingga kita himpun dari seluruh masyarakat, dengan mempertimbangkan masukan dari para kader,” katanya. 

Sementara, tim RM juga mendapat sambutan baik dari DPD Hanura. Wakil Ketua Marwan Ramis menyebutkan ke depan Hanura akan membuat pola sistem paket, sehingga tidak menutup kemungkinan kalau pun Hanura menerima pinangan RM, akan disandingkan dengan kader partai tersebut.“Di tingkat II kita juga punya kader yang nantinya mungkin bisa kita tandemkan. Oleh karena itu perlu ada network agar bisa dikomunikasikan setiap saat dengan tim RM,” kata Marwan.

Ditambahkan Yulian Heronafdi, berdasarkan Standard Operating Procedure (SOP) Partai Hanura, nantinya berkas dari tim RM akan dibawa ke DPP, agar dikeluarkan rekomendasi diterima atau ditolak, tentunya juga dengan mengikuti jadwal dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Sebetulnya komunikasi politik sudah berjalan sebelumnya, hari ini hanya melaksanakan legalitas politiknya saja. Selanjutnya juga akan dibentuk ‘Tim Sembilan’ di Hanura untuk melakukan verifikasi para Balon.“Permohonan ini akan segera kami proses. Untuk kader di bawah kita harapkan dapat satu jalur agar pergerakannya jelas. Final keputusan ini ada pada DPP, saya dengar juga RM sudah bertemu dengan teman-teman Dewan Pengurus Cabang (DPC) dan kompak mendukung RM,” lanjutnya.

Setali tiga uang dengan kedua Parpol tersebut, Wakil Ketua DPW Nasdem, Asmawi Saidinah juga mengungkapkan langkah yang dilakukan tim RM sebagai bahan komunikasi awal. Namun pihaknya perlu membentuk tim penjaringan, sebelum menentukan Balon Gubernur yang akan diusung.“Dari Nasdem akan bentuk tim dulu, sambil kita menunggu perkembangan dari Undang-Undang Pilkada,” jelas Asmawi.

Disebutkan Asmawi, Partai Nasdem memiliki kriteria dalam mengusung Balon Gubernur, yakni harus berjiwa nasionalis, memiliki elektabilitas, serta kemampuan komunikasi tingkat nasional.“Kami ingin komunikasi internal dulu, sambil melihat progres ke depan serta ritme politik dan komunikasi kepada masyarakat,” katanya.

Namun sejauh ini Partai Nasdem masih memiliki keinginan kuat untuk mengusung Balon Gubernur dari kadernya sendiri tentunya dengan melihat juga potensi figur yang akan maju.“Keinginan utama pasti dari kader kita dulu. Tapi kita coba juga untuk lintas partai dan kita harus punya figur yang cocok,” tegas Asmawi. (KB/abl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar