Kamis, 08 Januari 2015

Herwansyah “Jawara” Pilkades Muara Beliti Baru

Setelah melewati proses yang cukup panjang, akhirnya Herwansyah menjadi “Jawara” dalam Pemilihan Kepala Desa Muara Beliti Baru, Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Musi Rawas. Kemenangan Herwansyah ini setelah mengungguli tiga kandidat calon kepala desa lainnya dengan perolehan suara 344 suara, berbeda tipis dari Khosihan yang meraup suara 319 suara.
Sementara untuk kedua kandidat lainnya Hermansyah menempatkan dirinya pada posisi ke tiga dengan perolehan suara suara 182 suara dan Nawawi hanya mengantongi 66 suara. Sementara suara kosong sebanyak 9 suara sehingga total suara yang disalurkan oleh masyarakat desa Muara Beliti baru sebanyak 920 suara.
Pilkades yang diselenggarakan pada Selasa, 6 Januari 2015 ini menggunakan metode Elektronik Votting (E-Votting) yang di fasilitasi oleh Badan Pembedayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Musi Rawas.
Salah satu warga Dusun IV Desa Muara Beliti Baru, Chandra mengungkapkan pemilihan kepala desa ini merupakan salah satu proses demokrasi dalam bermasyarakat dan merupakan salah satu hak warga dalam berpolitik.”Siapapun yang terpilih maka dialah pemimpin yang dimandatkan oleh masyarakat desa Muara Beliti Baru dan harus didukung penuh, perbedaan selama proses Pilkades kedepan harus dihilangkan sehingga apa yang diamanatkan Warga dapat tercapai dengan maksimal,”pungkas Chandra.
Setelah proses Pilkades ini, Chandra mengharapkan proses demokrasi ini terus dilanjutkan hingga pada tingkat perangkat desa lainnya seperti penentuan Kepala Dusun (Kadus). Pasalnya, menurut Chandra Kadus merupakan perpanjangan tangan dari kepala desa sehingga dibutuhkan kadus yang di mandatkan oleh warga dusun tersebut, yang pada akhirnya proses pembangunan desa akan mendapatkan dukungan penuh dari warga.” Kita berharap proses demokrasi ini dapat terus dijalankan hingga pada pemilihan Kadus, dan tentu ini menjadi proses pembelajaran politik dan demokrasi warga desa,”demikan kata Chandra.(*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar