Kamis, 29 Januari 2015

Siapa yang benar? Siswa atau Gurunya…



BEREDAR gambar di dunia Facebook yang menggambarkan seorang  siswa dalam mengisi lembar pertanyaan yang diberikan oleh Gurunya untuk menjawab 4 pertanyaan dan para siswa untuk menjawabnya dengan benar dan tepat.
Alhasil salah satu siswa dalam lembaran jawaban tersebut yang bernama UDIN kelas VI siswa Sekolah Dasar 015, menjawab ke 4 soal tersebut dengan jawaban 2 BENAR dan 2 TEPAT. Mellihat realitas ini, timbul pertanyaan dari berbagai kalangan, siapa yang salah Guru atau Siswa. Melihat dari lembaran soal tersebut, tentu siswa tidak salah, karena arahanya untuk menjawab soal dengan kata BENAR dan TEPAT.
Menurut salah satu Tenaga Pendidik Kota Lubuklinggau, Emalia, Siswa dan Guru tidak ada yang salah, namun disini terjadi kesalahan pemahaman baik dari Guru maupun dari Siswa.”Dari lembaran soal tersebut, Guru berharap agar Siswa dapat menjawab pertanyaan tersebut dengan Benar dan tepat, penekanan kata Benar dan Tepat disini setiap jawaban di jawab sesuai dengan pertanyaan yang diajukan. Sementara Siswa, juga menilai sesuai dengan arahan guru tersebut, mungkin siswa diberikan pilihan untuk menjawab soal tersebut dengan kata Benar dan tepat,”jelas Guru salah satu SDN Lubuklinggau ini.
Emalia menyarankan, hendaknya sebelum dilakukan ujian kepada siswa, tenaga pendidik diharapkan sebelumnya menjelaskan maksud dan tujuan diberikan soal dan seperti apa siswa mengerjakannya. Jika telah diberikan penjelasan baik secara lisan dan tulisan tentu hal ini tidak akan terjadi.(*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar