Selasa, 27 Januari 2015

Ichwan Berpeluang Diusung oleh PAN

Ichwan Yunus sebagai kader sekaligus Ketua DPD PAN Mukomuko disebut-sebut berpeluang diusung oleh parpol berlambang matahari terbit itu.
Ketua Tim 5 Penjaringan Cagub DPW PAN Provinsi, Abdul Goni mengatakan akan dibuka 8 hari dengan batas akhir 30 Januari. Untuk kandidat yang tidak ambil formulir cagub, sesuai aturan yang telah disepakati Tim 5 tidak bisa mendaftarkan diri. Itu memang sengaja diberlakukan dengan tujuan pembuktian keseriusan kandidat ingin menggunakan perahu PAN.
”Bagi kandidat yang tidak serius, dalam arti hanya menjadikan PAN sebagai alternatif akan terlihat. Untuk kandidat seperti ini kecil kemungkinan kami usung. Namun semuanya akan dikembalikan kepada hasil penjaringan oleh tim. Siapa yang terbaik itulah yang diusung,” tukas Goni.
Selain Ichwan, kader PAN lain yang berencana maju adalah Yurman Hamedi yang juga anggota DPRD Provinsi. ”Benar, Yurman Hamedi itu kader kami. Jadi tetap kami prioritaskan kalau dia benar-benar mendaftar nanti. Dia sudah ambil formulir cagub yang kami sediakan. Soal siapa yang akan diusung, tergantung hasil seleksi tim,” kata Abdul Goni 
Namun dari 10 kandidat yang sudah muncul ini, baru Ridwan Mukti yang peta kekuatannya semakin terlihat. Selain hangat disebut-sebut calon kuat yang akan diusung PDI-P, ia juga didukung penuh koalisi PKB, Hanura dan PKPI. Itu dibuktikan dengan tidak dibukanya pendaftaran cagub oleh koalisi itu karena sudah tetapkan Ridwan Mukti sebagai cagub yang akan diusung.
”Sampai saat ini baru Ridwan Mukti yang tampak mendominasi dukungan parpol. Namun apakah itu menjadi ukuran bahwa dia kandidat yang terkuat, saya rasa belum tentu. Kita lihat saja seperti apa hasil penjaringan semua parpol nanti,” tukas pengamat politik dari Universitas Bengkulu, Drs. Lamhir Syam Sinaga, M.Si.
Tiga Kandidat Merapat ke PKS
Di bagian lain, DPW PKS memang tidak membuka pendaftaran cagub secara formal. Namun bukan berarti PKS tidak akan mengusung cagub. Sekalipun harus berkoalisi karena hanya berkekuatan 3 kursi di parlemen, PKS tetap ajukan kandidat yang layak diperhitungkan dalam koalisi.
”Sampai saat ini sudah ada tiga kandidat yang merapat. Bahkan Inron Rosyadi sudah meninggalkan curriculum vitae (CV, red) kepada kami. Sedangkan Bando Amin dan Suherman sudah menyampaikan niatnya secara lisan. Semuanya kami tampung untuk kemudian kami telaah lebih lanjut,” pungkas Sekretaris DPW PKS Provinsi, Sujono, SP.
Dalam penjaringan cagub, PKS hanya menitikberatkan kepada 3 item. Elektabilitas, kapabilitas dan keseriusan membangun Bengkulu. Dalam teknisnya nanti, pihaknya akan melakukan survei elektabilitas. ”Nanti kandidat yang sudah kami tetapkan itu, akan dikomunikasikan dengan parpol pasangan koalisi,” tutur Sujono. (*)

sumber: Rakyat Bengkulu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar